Resume Builder with Vue.js

Hai!

Saya memulai blog ini dengan konten yang sebenarnya bukan khusus untuk Elektro. Materi ini adalah pembuatan resume, jika Anda berharap post ini merupakan cara membuat resume yang benar, mungkin Anda salah alamat. Saya rasa sudah banyak blog dan artikel yang membahas penulisan resume yang tepat sasaran, padat, dan jelas. Sebagai seorang Insinyur, terutama insinyur yang berkecimpung di dunia teknologi, pasti memiliki kemampuan pemrograman yang baik. Post saya ini akan membahas penggunaan JavaScript sebagai tools untuk membuat resume yang apik.

Sebelum saya memulai pembahasan cara pembuatan resume dengan menggunakan JavaScript, saya akan menunjukkan cara instalasi pada komputer Ubuntu dengan versi Ubuntu 16.04. Hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan sistem komputer Ubuntu agar mampu dipakai untuk membuat resume sesuai dengan post ini adalah:

  • Adanya Git version checker di Ubuntu
    Instalasi Git pada Ubuntu dapat dilakukan dengan sederhana yaitu dengan command:

    # apt-get install git

  • Instalasi Node.js menggunakan Node.js Version Manager
    Untuk instalasi Node.js dapat mengikuti panduan dari https://id.godaddy.com/help/install-nodejs-ubuntu-17395

Setelah melakukan instalasi kedua program di atas, Anda dapat mengakses repository GitHub saya (https://github.com/josefmtd/best-resume-ever) yang merupakan fork dari (https://github.com/salomonelli/best-resume-ever). Clone repository saya dengan menggunakan command:

$ git clone https://github.com/josefmtd/best-resume-ever

Setelah melakukan clone, buka folder best-resume-ever, buka folder resume, di folder tersebut terdapat dua file, yaitu data.yml dan id.jpg. Anda dapat mengubah foto id.jpg sesuai dengan foto Anda, dan mengubah data.yml sesuai dengan konten dari resume Anda.

Setelah konten resume telah diubah, Anda dapat memulai kompilasi dari file PDF sesuai dengan rancangan resume yang Anda inginkan. Untuk melaksanakan kompilasi, pertama akses folder best-resume-ever dan lakukan command berikut:

$ npm install

Tunggu sampai proses instalasi dari Node.js telah selesai, setelah itu Anda dapat memulai kompilasi untuk PDF, dengan menggunakan command sebagai berikut:

$ npm run export

Tunggu sampai proses kompilasi selesai, sehingga Anda dapat melihat hasilnya pada folder best-resume-ever/pdf, terdapat beberapa template yang sudah saya otak-atik berdasarkan template dasar dari https://github.com/salomonelli. Jika Anda belum puas dengan template yang sudah saya buat, Anda juga bisa mengubah template tersebut di folder /best-resume-ever/src/resumes/ di mana terdapat file Vue.js yang bisa Anda ubah-ubah sesuai dengan keinginan Anda. Saya akan membahas cara mengubah template di lain kesempatan. Selamat bereksperimen dengan Vue.js untuk membuat resume yang ciamik!

Diterbitkan oleh josefmtd

Junior Electronics Engineer

Join the Conversation

1 Comment

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: