Idea: Sistem Presensi Otomatis berbasis WiFi

Saya sedang ada latihan paduan suara di gereja, tiba-tiba saya mendapatkan ide menarik untuk mendata presensi anggota secara otomatis. Ketua paduan suara sempat menyuarakan kebutuhan akan absensi untuk tahu mana saja anggota yang aktif dan tidak. Saya sempat memutar otak, bagaimana cara membuat sistem yang otomatis untuk hal ini? Membuat sistem berbasis keycard? Ah, nanti banyak yang tidak bawa keycard. Bagaimana kalau pakai aplikasi dan komunikasi Bluetooth pakai HP? Waduh, saya yakin pasti belum tentu semuanya bisa diajak untuk pakai Bluetooth, apalagi dengan aplikasi rumit.

Belum lama ini saya berjibaku untuk memasang Raspberry Pi di jaringan WiFi hotel, sesuai pengalaman saya semua jaringan hotel menggunakan Mikrotik. Untuk login dengan Mikrotik dibutuhkan Javascript untuk melakukan hash dari password. Setelah berjibaku lama, saya menemukan script Python untuk melakukan hashing tersebut, sehingga koneksi ke Wi-Fi hotel menjadi mudah, saya cukup menjalankan script ini. Saya teringat bahwa WiFi di paroki juga menggunakan Mikrotik.

Barusan saat latihan, saya kembali terpikir ada dua fakta menarik, semua orang sudah tidak terlepas dengan mobile phone nya, it’s always in your person (or at least most of the time if you didn’t forget to bring it). Selain itu adalah, hampir semua orang mencari WiFi kalau ada opsi gratis. Berbasiskan dua fakta sederhana ini, saya tertarik membuat script sederhana untuk memantau siapa yang ada di jaringan tersebut untuk mengetahui siapa saja yang hadir.

Program nya sederhana, idenya adalah untuk bergabung dengan jaringan WiFi paroki, masuk melalui Mikrotik login, lalu melakukan ARP scan pada saat jam mulai latihan, mendata semua MAC address yang ada, lalu melakukan ARP scan kembali pada saat jam selesai latihan dan kembali mencatat semua MAC address.

Seems like a good scripting practice for my weekend šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s