Google Cloud Platform Compute Engine

Google Cloud Platform memberikan 300$ credit untuk tahun pertama sebagai uji coba gratis. Artikel ini ditulis untuk membahas bagaimana cara deploy sebuah Compute Engine atau Virtual Machine yang bisa kita pasang di Google Cloud Platform.

Penulis bukan seorang Software Engineer dan tidak memiliki background di bidang IT, sehingga terminologi maupun penjelasan ini mungkin terdapat kekurangan, mohon sampaikan dalam komentar jika ada yang kurang tepat.

Google Cloud Platform adalah Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastruktur cloud juga dapat disebut Infrastructure as a Service (IaaS) adalah swalayan yang dapat memberikan akses komputasi tanpa membeli hardware. Infrasktruktur komputasi Cloud ini umumnya berdasarkan teknologi virtualisasi, pelanggan IaaS dapat mengakses melalui dashboard segala fungsi dari infrakstruktur yang diperlukan. Google Cloud Platform dan Amazon Web Services merupakan salah satu layanan IaaS yang tersedia dan memberikan uji coba gratis untuk tahun pertama.

Jika sebelumnya tren belajar Computer Science dan Linux dapat dilakukan dengan membeli perangkat keras Raspberry Pi atau perangkat Linux lainnya yang murah, sekarang tanpa membeli hardware kita dapat dengan mudah menggunakan IaaS untuk belajar komputasi.

Google Cloud Platform: Compute Engine

Menggunakan compute engine kita dapat membuat sebuah instance Virtual Machine dengan resource yang kita inginkan. Instance paling murah yang dapat kita deploy adalah 1vCPU dengan RAM 0.6GB (f1-micro). Untuk percobaan kali ini saya akan menggunakan small (1 shared vCPU dengan 1.7GB RAM). Saya akan memasang Ubuntu 18.04 dan menggunakan 10GB SSD.

GCP
Gambar 1. Setup Virtual Machine Instance di Google Compute Engine

SSH Key

Untuk mengakses instance dengan SSH, generate key SSH menggunakan PuTTY Key Generator untuk mendapatkan RSA key. RSA key ini kita masukkan pada bagian Security di menu setup Virtual Machine dan copy hasil RSA key ini di SSH key text box. Lalu simpan RSA key sebagai private key file (*.ppk) untuk dapat digunakan melalui PuTTY.

puttygen.PNG
Gambar 2. Key SSH untuk mengakses Virtual Machine instance

Akses SSH

Setelah memasukkan key pada PuTTY, buka koneksi SSH melalui IP address dari instance Google Compute Engine yang sudah dibuat. Masukkan username sesuai dengan comment dari SSH key. Jika sudah masuk melalui username, Anda sudah dapat mengakses Virtual Machine Ubuntu 18.04.2 LTS yang sudah terpasang di Google Cloud Platform.

putty.PNG

Selamat mencoba Google Cloud Platform untuk kepentingan komputasi Anda.

Diterbitkan oleh josefmtd

Junior Electronics Engineer

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: