Evaluasi SDS-011

Sensor SDS-011 ini menggunakan dioda laser untuk menguji kandungan partikel di dalam udara sekitar. Modul sensor ini sudah terintegrasi sehingga pemrosesan data secara analog tidak lagi dibutuhkan. Komunikasi antar mikrokontroler dengan modul sensor hanya dengan protokol Serial. Mode default dari sensor ini adalah pembacaan kontinu dan hasil pembacaan dikirimkan melalui protokol Serial setiap 1 detik.

Layaknya dioda pada umumnya, waktu hidupnya terbatas, untuk kasus sensor ini, perusahaan manufaktur memberi spesifikasi waktu hidup selama 8000 jam. Sehingga untuk implementasi sebenarnya, perlu dipastikan sensor tidak aktif terus menerus. Namun, untuk pengembangan, mode default dapat dipakai untuk menguji pembacaan sensor.

Dependensi Temperatur Kelembaban dan Tekanan Udara

Manufaktur sensor ini telah menunjukkan bahwa sensor ini memiliki titik operasional yang terbatas oleh temperatur, kelembaban dan tekanan udara. Untuk menguji sensor ini perlu juga kita ketahui nilai-nilai tersebut agar dapat dipisahkan pembacaan yang diluar spesifikasi dan yang valid. Sensor MEMS rendah biaya seperti sensor BME280 dari Bosch dapat digunakan untuk membantu pembacaan ketiga parameter tersebut. Sensor BME280 ini menggunakan komunikasi berbasis SPI atau I2C. Berbeda dengan sensor SDS-011 yang dapat dengan mudah dikoneksikan dengan USB, untuk komunikasi SPI dan I2C kita perlu menggunakan pin GPIO dari kontroler yang akan kita pakai. Solusi evaluasi kedua sensor ini jadi terbatas dengan development board seperti Raspberry Pi atau Arduino.

Raspberry Pi dan Python

Raspberry Pi adalah development board yang memiliki performa tinggi dan biaya yang rendah. Sensor I2C maupun sensor USB dapat dengan mudah dihubungkan dengan Raspberry Pi. Sensor bisa diakses dengan script Python, module PySerial dan untuk sensor BME280 dapat diakses dengan module dari Adafruit. Script Python ini dapat menunggu data serial dari sensor SDS011 lalu mengecek data dari sensor BME280 dan mengirimkan nilainya jika data valid dan dalam batas operasional sensor.

Sambil menunggu sensor ini datang, saya membuat script sederhana di Python untuk mendapatkan hasil pembacaan sensor sesuai dengan format protokol serialnya. Sementara script sudah tersedia di link ini. Namun program ini belum diuji dengan perangkat sebenarnya, hanya berdasarkan datasheet saja, dan sejujurnya saya tidak percaya dengan datasheet produk China.

Diterbitkan oleh josefmtd

Junior Electronics Engineer

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: