Amatir Radio: YD0ABH

Hari ini saya mampir ke salah satu Blog seorang Amatir Radio, OM Benny (YD0SPU). Dari postingan beliau inilah saya jadi tahu bagaimana cara mendaftar Ujian Nasional Amatir Radio tahun lalu. Saya mengikuti pendaftaran dan kebetulan pada tahun lalu UNAR ditunda karena kurangnya peserta. Sayang sekali pada saat itupun saya tidak sempat ikut Bimbingan UNAR, mungkin pada waktu itu saya bisa berkenalan dengan banyak calon anggota maupun anggota lama ORARI. Pada hari-H UNAR-pun, saya datang lalu mengerjakan soal latihan, sebelumnya saya drill soal-soal yang banyak sudah tersedia di Internet. Ternyata drilling soal sangat membantu, saya menyelesaikan UNAR dengan singkat, mungkin salah satu peserta ujian Siaga pertama yang keluar hari itu. Singkat cerita, hasil ujian pun keluar dan ternyata hasilnya lulus.

Setelah lulus ujianpun saya melihat artikel dari OM Benny tentang pendaftaran ORARI dan pengurusan IAR sebelum boleh transmit di jaringan radio amatir. Melihat iuran izin amatir radio dan berbagai berkas yang perlu dilengkapi, sayapun akhirnya menunda terus pendaftaran. Sampai hari ini, saya sempat melihat kembali bahwa ada regulasi baru dari Kominfo yang mempermudah keluarnya Izin Amatir Radio. Setelah lulus UNAR, ternyata IAR sudah otomatis diberikan. Sayapun segera membuka website SDPPI (iar-ikrap.postel.go.id) dan ternyata, saya sudah memiliki IAR dengan callsign YD0ABH.

Jika Anda tertarik juga untuk menjadi Amatir Radio, silakan baca tulisan dari OM Benny:  https://x.benny.id/ujian-negara-amatir-radio-unar-jakarta-2019/

Mungkin dengan adanya izin IAR ini saya bisa melanjutkan kembali pengembangan jaringan LoRa APRS yang ingin saya buat sebelumnya yang terkendala karena belum mengurus Izin Amatir Radio untuk menguji transmisi.

(Akhirnya, saya bisa menuliskan kata penutup ini:)

73 de YD0ABH

Diterbitkan oleh josefmtd

Junior Electronics Engineer

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: