Catatan Awam tentang Gempa Bumi

Gempa 6.2 SR melanda Mamuju / Majene, gempa ini menyebabkan banyak bangunan runtuh dan banyak memakan korban jiwa. Semoga proses penyelamatan warga yang tertimpa bangunan runtuh, maupun evakuasi dari warga di pesisir pantai bisa berjalan dengan lancar. Setiap terjadi gempa besar, selalu ada rilis dari BMKG di mana Kepala BMKG memiliki kewenangan untuk menyampaikan peringatan dini Tsunami dan mengakhirinya setelah jangka waktu tertentu. Gempa kali ini tidak memiliki potensi Tsunami tapi tidak menutup kemungkinan adanya gempa susulan di lokasi tidak jauh dari episentrum gempa yang mungkin bisa menyebabkan Tsunami atau longsor.

Deteksi Dini Gempa Bumi, Bisakah?

Wawancara dengan mediapun bermunculan, himbauan kepala BMKG kepada warga untuk menghindari pantai dan lereng gunung, presenter menanyakan berbagai sistem prediksi, teknologi yang ada untuk memberitahukan dini jika terjadi gempa yang mengakibatkan longsor dan akhirnya terjadi tsunami. Dalam kolom komentar, hampir semua mengucapkan doa bagi para korban bencana alam, namun ada pula yang menggarisbawahi ketidakadanya teknologi untuk deteksi gempa bumi sebelum terjadi.

Perkembangan teknologi memang canggih, tapi sampai sekarang belum pernah ada di dunia suatu alat yang mampu memberitahu akan terjadinya gempa, sebelum gempa itu terjadi. Tidak ada satupun ilmuwan yang dapat memprediksi gempa, tidak ada satupun perangkat buatan siapapun yang bisa. Bacaan lebih lanjut: Can you predict earthquakes? (usgs.gov)

“Ini Bukti Ramalan Indigo Benar”

Setiap ada gempa bumi di awal tahun, ada saja yang mengutip prediksi seorang paranormal atau indigo yang bisa menebak terjadinya kejadian gempa tersebut. Menebak gempa sampai dengan lokasi, magnitudo, dan kedalaman itu jelas tidak mungkin, tapi kalau menyebutkan ada gempa di awal tahun bukanlah hal yang mengejutkan. Kalau kita tarik waktu dari 20 tahun terakhir, banyak sekali gempa bumi di awal tahun (Januari – Maret), melihat rekam jejak seperti ini, sangat mungkin terjadi gempa setiap awal tahun. Tidak perlu takjub, kecuali paranormal tersebut dapat menyebutkan persis lokasi dan kekuatan gempanya.

Gambar 1. Jumlah gempa bumi dengan magnitudo 5 di Indonesia pada awal tahun (Januari – Maret) setiap tahun dari tahun 2000 – 2021 (sampai 15 Januari)

Deteksi Tsunami Bagaimana?

Kepala BMKG juga menyebutkan bahwa mungkin terjadinya gempa bumi dan peringatan dini tsunami terlambat sampai. Timbul pertanyaan tentang metode deteksi Tsunami, pertanyaan tentang alat deteksi longsor laut juga menjadi pertanyaan dari salah satu presenter. Alat ini juga belum ada yang operasional di dunia, masih dalam tahap riset dan pengujian, sedangkan BMKG berfokus dalam operasional saja. Proses pembuatan deteksi tsunami adalah proses kompleks yang umumnya memiliki fokus pada kecepatan penentuan lokasi gempa dan magnitudonya, sehingga dapat dilakukan komputasi tertentu untuk mendapatkan potensi terjadinya Tsunami.

Penutup

Banyak sekali miskonsepsi di publik tentang gempa bumi, walaupun Indonesia adalah negara yang sangat rentan terhadap gempa. Ada baiknya publik mengetahui secara jelas, ekspektasi apa saja yang dapat dimiliki jika terjadi gempa bumi, sistem-sistem apa saja yang sudah ada di Indonesia, dan bagaimana publik dapat menggunakan informasi-informasi untuk menyiapkan ketahanan terhadap gempa. Saya hanyalah awam di bidang gempa bumi, namun saya harap catatan singkat ini bisa berguna dan saya perbaharui kembali.

Diterbitkan oleh josefmtd

Electronics Engineer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: