Sentinel 5P untuk Pemantauan Atmosfer

Polusi udara meningkatkan resiko berbagai penyakit, tanpa memandang bulu, semua orang baik di negara maju ataupun negara berkembang menghadapi masalah udara. Misi satelit Sentinel 5P menjadi salah satu solusi untuk memantau kualitas udara secara global. Artikel ini akan membahas penggunaan data Sentinel 5P yang disediakan secara gratis oleh European Space Agency (ESA) dan data Level 3 siap pakai bisa diakses di Google Earth Engine.

Sentinel-5 Precursor atau Sentinel-5P adalah misi satelit pertama yang memiliki fokus untuk memantau kondisi atmosfer bumi. Satelit ini beroperasi di orbit polar yang sinkron terhadap matahari (sun-synchronous orbit). Data yang disediakan oleh ESA adalah gas methane (CH4), nitrogen dioksida (NO2), karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), formaldehida (HCHC), dan ozon (O3).

Sentinel 5P membawa instrumen pemantauan troposfer (Tropospheric Monitoring Instrument TROPOMI). Perangkat ini mengambil pembacaan spektrum ultraviolet, cahaya tampak, dan inframerah. Menggunakan data tambahan, konsentrasi gas di atmosfer dimodelkan berdasarkan karakteristik penyerapan masing-masing gas terhadap panjang gelombang cahaya tertentu.

Sebagian besar dari polutan udara adalah hasil dari kegiatan manusia, utamanya adalah hasil pembakaran bahan bakar fosil, proses industri, agrikultur, dan pengolahan limbah. Walaupun perlu dicatat bahwa sumber emisi gas dari alam juga ada seperti letusan gunung berapi (sulfur dioksida) dan kebakaran hutan (karbon monoksida).

Sentinel 5P adalah salah satu produk dari program pemantauan bumi Copernicus yang dipimpin oleh Uni Eropa melalui European Space Agency. Tujuan utama dari program ini untuk meningkatkan kapasitas penginderaan jauh global yang berkualitas untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang bumi kita. Data pencemaraan udara ini dapat digunakan untuk banyak hal, selain untuk polusi udara, bisa juga untuk pemantauan kebakaran hutan, letusan gunung berapi, dan perubahaan iklim.

Gambar 1. Studi kasus Sentinel-5P untuk Polusi Udara (sumber: SentinelHub)

Sentinel Hub Education mengajak segala kalangan untuk menggunakan data terbuka dari satelit-satelit ini untuk aplikasi-aplikasi untuk kemaslahatan bersama, bahkan hanya untuk mengaggumi gambar rupa bumi pun dipersilakan. Beberapa studi kasus seperti polusi udara, kebakaran hutan, dan letusan gunung berapi sudah dicontohkan di website tersebut. Saya berharap dengan artikel ini, semakin banyak orang Indonesia mau mencoba mengolah data Sentinel, entah itu untuk kesadaran akan perubahan iklim, ataupun untuk kasus-kasus lainnya yang tidak kalah penting!

Diterbitkan oleh josefmtd

Electronics Engineer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: