Adding Custom Libraries in KiCad

Saat merancang prototipe PCB, seringkali komponen yang Anda gunakan tidak terdapat library nya di software CAD favorit Anda, sehingga Anda perlu menambahkannya sendiri. Artikel singkat ini akan membahas bagaimana cara membuat library untuk komponen-komponen tersebut. Sebagai contoh saya akan membuat library untuk membantu merancang board dari project LoRa APRS yang sedang saya kembangkan. Saya memiliki modul LoRa dengan nama “HDP14A ver 1.2”, modul ini tidak lazim seperti model yang lebih populer seperti buatan HopeRF ataupun Ai-Thinker. Untuk mencoba menggunakan modul ini, saya perlu membuat library sendiri. Saya akan menunjukkan cara membuat symbol library di KiCad 5 untuk komponen ini.

img_20180819_211330
Gambar 1. Bentuk fisik modul LoRa HPD14A ver 1.2

Create Project

Buka program KiCad dan mulai dengan membuat sebuah Project baru dengan menggunakan shortcut Ctrl+N. Beri nama Project Anda dan letakkan di folder yang Anda inginkan. Setelah membuka Project tersebut, tekan tombol Symbol library editor seperti pada Gambar 2.

Screenshot 2018-08-19 21.24.06
Gambar 2. Tombol Symbol library editor

New Library

Setelah membuka program Symbol library editor Anda dapat membuat library baru. Cara membuat library baru adalah dengan menekan tombol FileNew Library. Sebagai contoh, saya membuat library dengan nama sesuai dengan nama project, yaitu lora-aprs.lib. Setelah menekan tombol Save, Anda dapat memilih untuk menyimpan library ini sebagai library untuk project ini saja atau sebagai library global.

Screenshot 2018-08-19 21.42.02
Gambar 3. Library proyek lora-aprs

Create a Component

Setelah berhasil membuat library, proses selanjutnya adalah membuat komponen, membuat komponen dapat dilakukan dengan menekan tombol Create New Symbol, atau melalui menu Symbol > New Symbol. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih library mana yang akan dipakai untuk menyimpan komponen baru yang akan Anda buat. Anda bisa memilih library yang telah dibuat dan menekan tombol OK.

Screenshot 2018-08-19 22.29.13
Gambar 4. Menambahkan komponen baru pada library lora-aprs

Add Pins on Symbol

Setelah membuat komponen dan menamakannya sesuai dengan nama modul yang saya pakai: HPD14A, proses selanjutnya adalah menambahkan pin pada simbol tersebut. Anda dapat menggunakan menu Place > Pin untuk mulai menambahkan pin pada komponen baru. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Place > Rectangle untuk membuat kotak pada simbol tersebut. Anda bisa mengatur simbol yang Anda buat dengan meletakkan posisi pin sesuai yang Anda inginkan.

Penambahan pin dapat dilihat seperti pada Gambar 5. Anda dapat memasukan orientasi pin, nomor pin, dan nama pin. Selain itu, Anda juga dapat mengganti jenis koneksi pin tersebut, apakah berupa Input, Output, Bidirectional, Power, dll. Setelah berhasil menambahkan pin, Anda dapat mengaturnya supaya memiliki posisi yang sesuai, dan menambahkan kotak dengan Place > Rectangle untuk menghasilkan simbol yang siap pakai.

Screenshot 2018-08-19 22.31.23
Gambar 5. Penambahan pin pada komponen baru

Gambar 6 menunjukkan hasil simbol yang sudah selesai, yakni simbol modul LoRa dengan 16 pin. Pin pada simbol dikelompokkan sesuai dengan fungsi masing-masing pin. Setelah Anda puas dengan bentuk dari simbol yang telah dibuat, Anda dapat menyimpannya dengan Ctrl + S. Komponen ini akan dapat diakses pada project Anda, sehingga Anda dapat memulai membuat desain PCB dengan modul ini.

Screenshot 2018-08-19 22.57.47
Gambar 6. Contoh simbol modul LoRa HPD14A – 433 MHz

Selamat mencoba KiCad!

Diterbitkan oleh josefmtd

Junior Electronics Engineer

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: