Sentinel-5P Hub dan Google Earth Engine

Misi satelit Sentinel-5 Precursor, juga dikenal sebagai Sentinel-5P, adalah misi Copernicus pertama yang didedikasikan untuk melakukan pemantauan atmosfer secara global. Satelit ini membawa instrumen TROPOMI (Tropospheric Monitoring Instrument). Instrumen ini dapat memberikan informasi tentang gas nitrogen dioksida (NO2), ozone (O3), formaledehida, sulfur dioksida (SO2), metana (CH4), karbon monoksida (CO), dan aerosol. Polutan gas ini berbahaya bagi kesehatan manusia ataupun berdampak terhadap perubahan iklim.

Instrumen TROPOMI pada misi Sentinel-5P merupakan instrumen paling akurat untuk mengukur polusi udara dari angkasa, melalui kebijakan data terbuka, masyarakat global dapat ikut menggunakan data ini untuk keperluan kebijakan publik tentang perubahan iklim maupun untuk kesehatan masyarakat, serta berbagai aplikasi lainnya.

Kebijakan Data Terbuka

Data terbuka dari Sentinel-5P dapat diakses di SentinelHub, yang dapat diakses dengan link: https://s5phub.copernicus.eu/dhus/#/home. Untuk dapat mengunduh dan melakukan query, perlu login dengan username ‘s5pguest’ dan password ‘s5pguest’. Query dapat dilakukan dengan GUI yang ada di web SentinelHub tersebut. Untuk eksplorasi singkat, GUI ini dapat dipakai untuk mengunduh secara langsung data Sentinel dalam format netCDF.

Google Earth Engine juga memiliki katalog data Sentinel-5P dalam bentuk grid (L3), untuk katalog Near Real-time (NRTI) dan Offline (OFFL), hasil pengolahan dengan harpconvert dari data L2 masing-masing gas hasil olahan data Sentinel-5P yang tersedia di S5PHub. Menggunakan GEE dengan Python API dapat dilakukan pemrosesan dan visualisasi data polutan gas terhadap waktu.

Catatan instalasi dan penggunaan Google Earth Engine API dan Sentinel-5P Hub API untuk mengambil data Sentinel-5P dalam bentuk ee.Image.

Sentinel-5P Hub API dengan Earth Engine API | Josef Matondang (stevenmtd.xyz)

Nitrogen dioxide concentrations over China
Gambar. Kadar nitrogen dioksida sebelum pandemi, saat pandemi, dan setelah pandemi
Sumber: ESA – Air pollution returning to pre-COVID levels

Artikel selanjutnya, saya akan mencoba membuat visualisasi polutan gas nitrogen dioksida di atas pulau Jawa sebelum pandemi, saat pandemi, setelah pandemi.

Diterbitkan oleh josefmtd

Electronics Engineer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: